Jumat, 15 Juni 2012

kisi kisi manejemen untuk neugnecie

kisi kisi manajenen

1. perbedaan periklanan dan promosi

  •     periklanan adalah usaha untuk mempengaruhi konsumen secara tidak langsung dengan melalui media seperti: a. media eletronik seperti televisi, radio, dan internet.b. media cetak seperti majalah, surat kabar, brosur, billboard dan lain-lain.
  • promosi penjualan adalah usaha untuk mempengaruhi konsumen secara langsung dengan cara : window display/etalase/show room, pameran, demonstrasi penggunaan produk, pelayanan purna jual (servis).
2. periklanan dalam pemasaran
   keuntungan periklanan dalam pemasaran dibandingkan dengan promosi penjualan :
  1. dapat secara serentak mencapai sasaran/konsumen.
  2. dapat menghemat biaya dibandingkan membiayai orang.
  3. dapat menghindari hubungan langsung secara personal.
  4. dapat selalu mengingatkan pada calon pembeli.
   disamping itu periklanan dapat juga membantu tercapainya tujuan, seperti :
  1. mengenalkan produk baru.
  2. memasuki daerah pasar yang baru.
  3. dapat meningkatkan jumlah penjualan.
  4. mendidik konsumen.
  5. membentuk kesamaan gambaran/pandangan/pemahaman.
  6. dapat mencapai konsumen yang belum dapat terjangkau oleh penjual.
3. langkah-langkah perencanaan manajemen perbekalan
  •  menetapkan tujuan yang akan dicapai
  • mengumpulakan/menginfentarisir data yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai
  • menganalisa data yang telah dikumpulkan
  • menentukan beberapa alternatif keputusan sebagai hasil analisa data
  • memilih alternatif yang paling menguntungkan untuk dijadikan keputusan dalam pencapaian tujuan
  • penyusunan rencana
  • evaluasi
4. prinsip-prinsip perencanaan manajemen perbekalan
  • mempermudah pencapaian tujuan
  • dibuat oleh orang yang memahami teknik perencanaan
  • disertai dengan perincian yang teliti
  • bersifat sederhana, fleksibel, pragmatis dan rasional
  • merupakan forecasting/ peramalan yang akan datang
5. syarat-syarat perencanaan manajemen perbekalan
  • rencana harus bisa menjawab 5w + 1H
  1. what : apa yang harus dilakukan
  2. where ; dimana kegiatan dilakukan
  3. when : kapan dilaksanakan
  4. who ; siapa yang melaksanakan
  5. why : mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan
  6. how : bagaimana cara melaksanakannya
  • rasional, fleksibel, pragmatis, dan sederhana berlanjut.
6. hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pengadaan :
  1. jumlah kebutuhan
  2. jenis kebutuhan dan tahun pembuatan
  3. merek atau pabrik
  4. harga satuan 
  5. cara pengiriman
  6. cara pembayaran
7. penerimaan obat oleh panitia penerima barang
   tujuannya: 
  1. menghindari tercampurnya barang baru dengan barang lama
  2. memudahkan pemeriksaan
  3. menghindari kesalahfahaman dikemudian hari
  4. memperlancar pelaksanaan pemeriksaan
    tugas dan fungsi :
  1. melakukan peeriksaan barang masuk baik jumlah, jenis, kualitas maupun spesifikasi
  2. membuat berita acara penerimaan barang (BAPB)
  3. menyerahakan barang yang telah diperiksa kepada penanggungjawab gudang/ penyimpanan yang telah diketahui/ mendapat persetujuan pimpinan disertai dengan surat tanda terima barang atau surat bukti barang masuk (SBMM) beserta lampirannya.
8. pengaturan tata ruang dan penyusunannya bertujuan :
  • untuk memudahkan pencairan barang atau mudah ditemukan
  • memudahkan pengendalian stock barang 
  • untuk menjamin tetap terpeliharanya persediaan, sehingga terhindar dari kerusakan.
9. hal-hal yang perlu di perhatikan dalam mengeluarkan barang
  • melaksanakan sistem FIFO / LIFO
  • sebelum mengeluarkan barang, terlebih dahulu diperiksa tentang kualitas barang termasuk kadaluarsa
  • mengeluarkan barang berdasarkan SPMB dengan membuat SBBK( surat bukti barang keluar)
10. dalam pengendalain persediaan ada 2 jenis keseimbangan yang harus diperhatikan :
  • keseimbangan total. keseimbangan antara seluruh persediaan dan seluruh permintaan/pengeluaran
  • keseimbangan komposisi. keseimbangan antara kelompok produk yang laku keras dan kelompok produk yang laku lambat
11. fungsi dan tugas pengendalian
  1. terpenuhinya secara optimal tentang jumlah dan jenis kebutuhan
  2. tersedianya stock barang dengan cara aman dan cukup
  3. terlaksananya keseluruhan fungsi yang ada
  4. terlaksanyanya pencatatan atau pelaporan yang up to date
  5. terlaksananya penyaluran barang dengan tepat jenis, jumlah, mutu, waktu dan sasaran
  6. sistem, prosedur dan kebijaksanaan berjalan sesuai yang dikehendaki
  7. menyajikan data dan informasi tentang pengeloaan barang dalam rangka pengendalian persediaan (stock control)
12. syarat- syarat suatu barang dapat diusulkan untuk dihapus dari daftar inventaris :
  1. rusak, tidak dapat diperbaiki lagi
  2. kadaluarsa
  3. sudah tidak efisien lagi
  4. hilang di luar kemampuan penanggung jawab (force mayor)
13. mengapa pelanggan lari
  1. karena pindah tempat tinggal
  2. karena terjadi persahabatan baru di apotek lain
  3. karena bujukan pesaing anda
  4. karena merasa tidak puas dengan produk/obat yang dibelinya dari apotek anda
  5. karena sikap acuh tak acuh/ masa bodoh yang diperlihatkan oleh petugas apotek anda
14. usaha mempertahanakan pelanggan
  1. memberi pelayanan 3s (sopan,sabar,senyum)
  2. jangan memberi janji lebih dari kemampuan 
  3. harus bisa memperbaiki servis yang kurang baik/tidak baik
  4. jangan menjelekkan/menyalahkan dari sudut pandang pembeli, artinya harus memperhatikan kepentingan pelanggan/konsumen.
GOOD LUCK... jgan lupa di komen yah..

4 komentar:

Ryuki Hareru mengatakan...

Thank you very very very much much much ...
Arigatou ne, ne, ne, ?

Rahmi Damayanti Rahman mengatakan...

Arigato ghozaimas sense hahahahaha (gak pke ngambek kalau tulisannya salah) pisss...^__^

just Auliya mengatakan...

Dou-itashimashite... anything for you lahh.. like i said this afternoon,, ne, ne, ??

My another story mengatakan...

Gomawo! Haha thank you, sis.